Kamis, 12 Juli 2012

Tips Merawat Mata dari Radiasi Komputer



Akhir-akhir ini saya merasa mata ini mulai terasa kabur kalo melihat jauh. Padahal dulunya kalo melihat benda jauh masih sangat jelas. Mungkin ini salah satu efek dari radiasi komputer. Tapi gak bisa ngeluh juga, soalnya dalam pekerjaan sehari hari saya menuntut harus didepan komputer selama berjam jam. Saya merasa anda juga pasti mengalami hal yang sama bukan. Bahkan ada anak tetangga saya umurnya masih 10 tahun tapi sudah pake kacamata memprihatinkan sekali kan, makanya kali ini saya akan mencoba untuk membagikan sedikit trik kepada anda semua, bagaimana cara merawat mata agar selalu dalam keadaan sehat. Kan sayang kalo masih muda matanya udah empat (pake kacamata).


Cara Merawat Mata Agar Selalu Sehat :

1. Coba pasang Filter pada monitor komputer anda. Filter ini berfungsi untuk menahan radiasi agar tidak sampai ke mata.

2. Pilihlah monitor yang berbentuk LCD atau Plasma, karena jenis monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitoryang model lama. Jika anda punya cukup uang, anda bisa membeli VGA Card yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.

3. Jagalah jarak mata anda dengan monitor komputer anda, idealnya jarak mata ke komputer adalah 30 cm.

4. Letakkanlah monitor sejajaar dengan mata anda. Jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Usahakan saat anda melihat komputer rasanya enak dan nyaman.

5. Aturlah warna pada layar monitor, sehingga enak dipandang mata. Jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata anda menjadi silau. Dan juga jangan terlalu gelap karena akan menyebabkan mata anda terlalu keras bekerja sehingga membuat mata anda menjadi cepat kering. Atur Screen Refresh Rate menjadi 75 htz. Caranya, jika anda menggunakan Windows XP, klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate, atur menjadi 75 htz.

6. Sesering mungkin kedipkan mata, Karena dengan mengedipkan mata, akan merangsang kelenjar air mata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah atau lembab.

7. Anda bisa membeli semacam kacamata yang bisa anda pakai saat menggunakan komputer.

8. Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer, usahakan ruangan mendapatkan cukup pasokan cahaya, jangan menggunakan komputer dalam keadaan ruangan gelap.

9.
Setelah penggunaan komputer, biarkan mata anda beristirahat sejenak, minimal 15 menit, atau anda bisa melihat suatu objek yang bewarna hijau.

10. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, periksalah mata anda ke dokter, apabila anda merasa tidak enak dengan mata anda.



Demikianlah tips dari saya. Semoga setelah anda membaca ini, anda bisa melaksanakannya dan dapat membuat kesehatan mata anda menjadi lebih terjaga.


KESEHATAN ADALAH SEGALANYA. HARTA BISA DICARI DENGAN MUDAH, TETAPI KESEHATAN SANGAT SUSAH UNTUK DICARI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar